Friday, October 26, 2012

MAKALAH MOTHERBOARD


MAKALAH

MOTHERBOARD





XI IPA 1



Disusun Oleh : Sofyan Andiyanto pamungkas

Dibuat Guna Memenuhi Tugas Elektro

MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN)
BABAKAN LEBAKSIU TEGAL
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
BAB l
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Perkembangan teknologi komputer semakin pesat,seiring dengan kebutuhan dan tuntunan komputer yang memiliki peforma yang baik. insentitas pemakaian komputer yang tinggi dan kondisi saran listrik yang tidak memadai mengakibatkan kondisi peforma komputer menurun dan tingkat kerusakan tinggi,sehingga memperlukan sistem perbaika perawatan pemeriksaan pada komputer dengan dilakukannya perawatan dan perbaikan yang menyeluruh,kita dapat menganalis komponen-komponen yang terjadi kerusakan, sehingga perlu diperbaikai atau meungin diganti sehingga kondisi komputer kembali lagi seperti semula pada komputer yang standar.
Menghadapi hal yang diatas,untuk menciptakan kekreatifan siswa khususnya teknik komputer dan jaringan dituntut uantuk mampu mengerjakan tugas-tugas dngan baik,maka perlu diuji kemampuan siswa dan menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi dalamperawatan dan perbaikan unit computer.dari beberapa materi yang ada penulis hanya memilih salah satunya yaitu servis motherboard pada computer.
1.2 Pengertian Motherboard
Motherboard adalah Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang adanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
• Motherboard disebut juga dengan mainboard atau system board.
• Matherboard merupakan sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan.
• Sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni :
- system CPU (prosesor),
– sirkuit clock/timing,
– Ram,
– Cache,
– ROM BIOS,
– I/O port seperti port serial,
- port pararel,
- slot ekspansi,
– port IDE.

2. Tujuan motherboard
• Tujuan utama diciptakanya motherboard(papan induk) adalah untuk menyediakan koneksi logik dan elektrik antar komponen dalam sebuah komputer
3. Motherboard pada komputer umum
Pada komputer yang umum kita gunakan, microprosesor, memory, kartu grafik dan komponen lain terpasang pada motherboard secara langsung. Sementara penyimpan external (external storage), kartu grafik dan kartu suara serta perangkat periferal lain terhubung dengan motherboad melalui kabel dan konektkor.
4. Motherboard pada komputer modern
Pada komputer modern motherboard atau mainboard merupakan PCB yang sangat kompleks. Motherboard berisi komponen dan interkonektor seperti soket dan slot. Minimal motherboard terdiri atas konektor:
Soket microprosesor (CPU)
• Slot ke memori utama
• Chipset yang menjadi perantara antara CPU dengan Front-side Bus yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat Input/Output lain.
• Chip Memori Non-Volatile (Tetap), biasanya berupa Flash ROM seperti BIOS
• Generator waktu yang mengendalikan waktu sistem dan sinkronisasi berbagai macam komponen.
• Slot untuk kartu tambahan berupa PCI dan AGP
• Konektor Daya untuk menerima suplai energi dari power suply
5. Perkembangan motherboard
• Beberapa teknologi terbaru yang dimiliki oleh motherboard keluaran terakhir adalah:
– PCI Express,
– SATA 3 GB,
– SLI,
– dan beberapa teknologi lainnya.
6. Komponen Motherboard
SATA PORT
Serial ATA (SATA) merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan harddisk dengan PC Anda. Ini merupakan pengembangan terbaru dari Paralel ATA (PATA) yang sebelumnya telah lama kita kenal.
SOUTHBRIDGE
Di bawah heatsink itu terdapat chipset southbridge yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap input dan output beberapa komponen seperti harddisk, optical drive, USB ports, dan slot tambahan PCI Express. Seiring dengan banyaknya tuntutan proses yang harus dilakukan, maka kini chipset ini dilengkapi dengan heatsink agar lebih stabil.
NORTHBRIDGE
Chipset yang terdapat di bawah heatsink yang dilengkapi kipas ini bekerja sama dengan chipset southbridge untuk melakukan pengaturan terhadap video card, processor, dan memory. Pada chipset ini memiliki beberapa fitur baru yang mampu memberikan port kecepatan tinggi untuk koneksi LAN dan tambahan ekstra PCI Express.
CPU SOCKET
Socket ini merupakan tempat untuk meletakkan processor. Pada beberapa motherboard terbaru telah menggunakan CPU socket yang cukup mudah digunakan, sehingga Anda tidak membutuhkan obeng untuk memasang ataupun membukanya. Namun, Anda harus tetap berhati-hati karena ada beberapa kapasitor berada cukup dekat dengan socket yang bukan tidak mungkin akan tersentuh dan akan mengakibatkan kerusakan.
MEMORY SLOTS
Slot memory mungkin salah satu bagian yang cukup lama tidak mengalami perubahan. Sebelumnya mungkin kita mengenal SDRAM sebagai tipe memory yang digunakan, namun kini setelah keluar DDR ada lagi tipe memory terbaru di atasnya, yaitu DDR2. Namun, bagian yang paling penting diperhatikan darinya adalah jumlah slot memory tersebut.
BIOS
Ketika Anda kali pertama menghidupkan PC, motherboard akan boot dan menjalankan kode yang berisikan Basic Input Ouput system (BIOS), BIOS akan menjalankan beberapa tes untuk mempersiapkan semua hardware yang kemudian menjalankan operating system. BIOS itu sendiri tersimpan dalam Flash RAM dengan kapasitas sekitar 2-4 MB, dan kebetulan pada contoh ini motherboard memiliki dua buah BIOS.
EXPANSION SLOTS
Beberapa motherboard terbaru kini dilengkapi dengan campuran PCI dan PCI Express expansion slot. Sedangkan untuk PCI Express biasanya terdapat dua jenis, yaitu PCI Express 16x yang berfungsi untuk menggantikan AGP slot dan PCI Express 1x yang berukuran paling kecil dan nantinya digunakan sebagai pengganti slot PCI yang ada sekarang ini untuk menunjang modem dan beberapa input device lainnya.
KOMPONEN TAMBAHAN
Beberapa produsen motherboard biasanya melengkapi motherboard dengan beberapa chipset opsional, seperti Silicon Image SATA RAID, Texas Instrument FireWire Controller, dan dua Broadcom Gigabit LAN controller. Beberapa chipset tersebut dapat digunakan untuk menunjang konektivitas yang membutuhkan transfer rate lebih tinggi.
1.3 Fungsi Motherboard
Motherboard atau Mainboard adalah board/ papan utama tempat komponen-komponen utama seperti microprocessor dan memory (RAM, ROM, BIOS) beserta chip kontroler lainnya. Terdapat juga SLOT Ekspansi yaitu tempat untuk memasang card-card tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan fasilitas dan kemampuan yang dibutuhkan. Microprossor terpasang pada soket / slot yang sesuai dengan bentuk dan ukuran microprocessor tersebut, seperti soket 370, 470, soket LGA 775, soket A 462 (AMD), soket slot I (Pentium 2 dan 3). Di dalam motherboard, microprocessor berkomunikasi dengan komponen yang lain melalui suatu bus atau jalur data. Bus ini telah berkembang dari bus 66, 100, 133, 200, 266, 333, 400, 500, 800 MHz. Perkembangan ini untuk mengimbangi kerja microprocessor yang semakin cepat. Slot ekspansipun mengalami perkembangan. Tabel diagram motherboard biasanya telah disertakan pada saat anda membeli CPU/ Mainboard..
Processor atau CPU (unit pemroses pusat) mempunyai fungsi untuk membaca dan menginterprestasikan instruksi, melakukak eksekusi, dan menyimpan hasil-hasil dalam memory. CPU yang digunakan mempunyai bus data 16,32 atau 64 bit.
MOTHERBOARD
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboardmerupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lahsemua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard sepertisebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
1.4 Spesifikasi Motherboard
Spesifikasi Motherboard GIGABYTE GA-G41-ES2L
HT 00:20 Fri 8 Oct
Motherboard Gigabyte CHipset G41 Socket 775.,Gigabyte tipe GA-G41M-ES2L ,sesuai untuk kebutuhan procesor hingga core 2 quad., Motherboard Gigabyte GA-G41M-ES2L salah satu produk gigabyte yang menggunakan Vga onboard Intel Graphics Media Accelerator X4500 support Microsoft DirectX10, Intel® Clear Video Technology,
Yang memungkinkan untuk mendapatkan kualitas grafis lebih baik daripada Intel gma 3100 yang mendukung directX9.
Berikut Spek Motherboard Gigabyte GA-G41M-ES2L:
Prosesor
1. Support for an Intel® Core™ 2 Extreme processor/ Intel® Core™ 2 Quad processor/Intel® Core™ 2 Duo processor/ Intel® Pentium®processor Extreme Edition/Intel® Pentium®D processor/Intel® Pentium®4 processor Extreme Edition/Intel®®4 processor/Intel® Celeron®processor in the LGA 775 package Pentium
2. L2 cache varies with CPU
Front Side Bus
1. 1333/1066/800 MHz FSB
Chipset
1. North Bridge: Intel® G41 Chipset
2. South Bridge: Intel® ICH7
Memori
1. 2 x 1.8V DDR2 DIMM sockets supporting up to 8 GB of system memory (Note 1)
2. Dual channel memory architecture
3. Support for DDR2 1066(OC)/800/667 MHz memory modules
Kartu Grafis Terintegrasi
1. Integrated in the North Bridge
Audio
1. Realtek ALC888B codec
2. High Definition Audio
3. 2/4/5.1/7.1-channel (Note 2)
4. Support for S/PDIF In/Out
5. Support for CD In
LAN
1. Realtek RTL8111C/D(L) chip (10/100/1000 Mbit)]
Slot Tambahan
1. 1 x PCI Express x16 slot, running at x 16
2. 1 x PCI Express x1 slot
3. 2 x PCI slots
Antarmuka PenyimpananSouth Bridge:
1. 1 x IDE connector supporting ATA-100/66/33 and up to 2 IDE devices
2. 4 x SATA 3Gb/s connectors supporting up to 4 SATA 3Gb/s devices
ITE IT8718 chip:
1. 1 x floppy disk drive connector supporting up to 1 floppy disk drive
USB
1. Integrated in the South Bridge
2. Up to 8 USB 2.0/1.1 ports (4 on the back panel, 4 via the USB brackets connected to the internal USB headers)
Konektor I/O Internal
1. 1 x 24-pin ATX main power connector
2. 1 x 4-pin ATX 12V power connector
3. 1 x floppy disk drive connector
4. 1 x IDE connector
5. 4 x SATA 3Gb/s connectors
6. 1 x CPU fan header
7. 1 x system fan header
8. 1 x front panel header
9. 1 x front panel audio header
10. 1 x CD In connector
11. 1 x S/PDIF In /Out header
12. 2 x USB 2.0/1.1 headers
13. 1 x serial port header
14. 1 x power LED header
15. 1 x chassis intrusion header
Konektor Panel Belakang
1. 1 x PS/2 keyboard port
2. 1 x PS/2 mouse port
3. 1 x parallel port
4. 1 x serial port
5. 1 x D-Sub port
6. 4 x USB 2.0/1.1 ports
7. 1 x RJ-45 port
8. 3 x audio jacks (Line In/Line out/Microphone)
Pengontol I/O
1. iTE IT8718 chip
Pengawasan Hardware
1. System voltage detection
2. CPU temperature detection
3. CPU/System fan speed detection
4. CPU overheating warning
5. CPU/System fan fail warning
6. CPU fan speed control (Note 3)

BIOS
1. 2 x 8 Mbit flash
2. Use of licensed AWARD BIOS
3. Support for DualBIOS™
4. PnP 1.0a, DMI 2.0, SM BIOS 2.4, ACPI 1.0b
Fitur Unik
1. Support for @BIOS
2. Support for Q-Flash
3. Support for Virtual Dual BIOS
4. Support for Download Center
5. Support for Xpress Install
6. Support for Xpress Recovery2
7. Support for EasyTune (Note 4)
8. Support for Easy Energy Saver (Note 5)
9. Support for Time Repair
10. Support for Q-Share
Paket Sofware
1. Norton Internet Security (OEM version)
Sistem Operasi
1. Support for Microsoft® Windows Vista/XP
Form Factor
1. Micro ATX Form Factor; 24.4cm x 19.4cm
OVERVIEW :
GA-G41M-ES2L berbasis chipset Intel G41 mendukung CPU Intel 45nm terbaru, menciptakan sebuah platform multi-media ampuh yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih sekaligus. Di jantung chipset Intel G41 Express adalah Intel X4500 graphics media accelerator, yang mendukung DX10 dan fitur beberapa inovasi unik termasuk Unit Pelaksanaan lebih untuk kinerja 3D ditingkatkan dan Intel Clear Video Technology untuk gambar lebih tajam dan kendali warna yang tepat
Motherboard

Abit IX38 cuma menyediakan 4 port USB, terbilang minim untuk motherboard kelas atas sepertinya.
Setelah sukses dengan chipset Intel P35-nya yang berhasil meraih Best Product 2007 versi InfoKomputer, ABIT kini menghadirkan motherboard IX38 Quad GT yang menggunakan chipset Intel X38. Kami sempat penasaran dengan makna nama “Quad GT” dan awalnya mengira nama ini menggambarkan teknologi yang memiliki empat (quad) fungsi seperti pada penamaan motherboard Gigabyte. Namun akhirnya kami mengambil kesimpulan nama Quad tersebut cuma mengacu pada dukungan motherboard ini terhadap prosesor empat inti (yang sebenarnya terbilang fasilitas standar motherboard masa kini).
Namun mari lupakan soal nama. Sekilas melihatnya, Abit langsung menunjukkan komitmennya terhadap penggila overclock. Hal ini tercermin dari penempatan tombol Clear CMOS yang diletakkan di panel belakang motherboard ini. Artinya ketika usaha overclock gagal, Anda tinggal menekan tombol ini dan setting BIOS kembali ke posisi default. Ini berbeda dengan motherboard lain yang mengharuskan Anda membuka casing dan mengganti posisi jumper.
Abit juga mengambil pendekatan berbeda dengan motherboard X38 lain dalam hal memori. Jika motherboard lain menyediakan slot DDR3, Abit cuma menyediakan slot DDR2. Pendekatan ini memang kurang memberi keleluasaan untuk melakukan upgrade memori suatu hari nanti, namun bisa juga dihitung sebagai langkah untuk memudahkan Anda yang saat ini masih ingin bertahan di era memori DDR2. Pendekatan mana yang terbaik, berpulang pada kebutuhan masing-masing.
Fasilitas lain yang disediakan ABIT adalah tombol reset dan power serta clear CMOS, 2 port eSATA, heatsink pasif, serta penggunaan kapasitor padat. Untuk dukungan audio, tersedia tata suara 8 kanal yang juga tersedia melalui SPDIF in dan out. Teknologi HDMI juga sudah disediakan meski hanya berupa pin header. Yang agak mengecewakan adalah port USB yang cuma disediakan 4 buah, tanpa disediakan bracket tambahan. Untuk sebuah motherboard kelas atas seperti ini, seharusnya port USB yang disediakan bisa lebih banyak lagi.
Seperti biasa menu BIOS juga dilengkapi dengan berbagai menu overclock yang lengkap pada menu uGuru utility. Dari sini segala kebutuhan untuk mengoprek kemampuan motherboard hingga pada tingkat maksimal bisa dijalankan. Secara sederhana kami hanya mengubah multiplier dengan FSB untuk mendongkrak kinerja standar. Pilihan yang ada meliputi Voltage control, Power Cycle Statistics, Abit EQ, Temperature, Fan Speed, dan Voltage Monitoring serta FanEQ Control.
ABIT IX38 Quad GT tampil cukup bagus dalam hal kinerja. Meski bukan yang terbaik namun peningkatan FSB yang kami lakukan sanggup mencapai angka 455MHz. Kami mencoba memaksa sedikit hingga 460MHz, namun sistem menjadi tidak stabil meski masih bisa masuk ke Windows XP.
Jika Anda mencari motherboard yang siap di-upgrade ke DDR3 suatu hari nanti, maka Abit IX38 Quad GT ini tidak masuk hitungan. Namun jika yang Anda cari adalah motherboard yang siap untuk prosesor Intel 45nm dengan kinerja bagus, motherboard ini layak masuk hitungan. Seperti terlihat dari hasil pengujian, ABIT IX38 Quad GT tampil sejajar di semua sesi pengujian yang kami lakukan. Kemampuannya overclocknya juga cukup menonjol meskipun bukan yang terbaik. Dan semua itu “cuma” harus ditebus dengan anggaran US$ 217 yang tergolong murah untuk otherboard kelas atas seperti ini.
(Dayu Akbar–Kontributor)
Plus: Mendukung Crossfire; menggunakan kapasitor solid; Dilengkapi tombol reset, power, dan clear CMOS.
Minus : Tidak menyediakan memori DDR3; port USB cuma 4 buah; suhu pada digital PWM Terasa Panas
Skor Penilaian :
Kinerja : 4,15
Fasilitas : 4,6
Kemudahan : 4,25
Harga : 3,75
Skor Total : 4,24 à GOLD
Spesifikasi
ABIT IX38 Quad GT
Tipe prosesor Intel Pentium 4, Pentium D, Pentium Dual Core, Pentium Core 2 Duo/Extreme/Quad, Pentium Extreme Edition (Socket LGA775)
Chipset Intel X38 Express+ICH9R
Dukungan FSB 800/1066/1333/1600 MHz
Memori 4 DDR2 533/677/800/1066 dual kanal maks.8GB
Kartu grafis 2x PCI Express x16; 1x PCI Express x4
Slot ekspansi 1x PCIe x1, 2x PCI
Storage 6x SATA, 1x IDE, 1x FDD, 2x eSATA
RAID (internal/eksternal) SATA RAID 0, 1, 5 dan 10/ RAID 0, 1 dan JBOD
Chip suara Onboard 7.1 HD audio codec (8 kanal)
Chip jaringan Gigabit LAN
I/O 1 x PS/2 Keyboard
1 x PS/2 Mouse
1 x EZ-CMOS
1 x S/PDIF Optical Out
1 x S/PDIF Optical In
2 x eSATA
1 x FireWire
1 x LAN
4 x USB 2.0
1 x 6in1 audio
Garansi 2 tahun
Situs web www.abit.com.tw
Harga kisaran* US$ 217

Spesifikasi MotherBoard PC
Dengan motherboard P5KPL-AM keluaran ASSUS dengan menggunakan prosesor Intel Core 2 Duo, dalam Motherboard ini terdapat beberapa spesifikasi antara lain:
Chipset = Northbridge: intel G31
FSB = 1600 (OC) / 1333 / 1066 / 800 Mhz
Memory = DDR 2 1Gb, sebenarnya ada Dual Chanel memori arsitektur tapi yang terpakai hanya 1
VGA = Masih Onboard tentunya, Integrated Gfx in North bridge supports, dengan maksimum resolusi : 2048 X 1536 X 32 bpp, Horisontal = 127,5 khz, Vertical = 75 Hz
Storage = Southbridge Intel ICH7 Supprts, Harddisk 80 Gb/7200 Seagate SATA
LAN = Realtek RTL8102EL, 10/100
Audio = VIA VT 1708B, 8 Chanel High Definition Audio Codec
USB = 8 X USB 2.0 Ports
ASSUS featue = ASSUS crashfree BIOS 3, ASSUS Q – Fan, ASSUS EZ Flash 2, ASSUS MyLogo 2, ASSUS C.P.R, ASSUS O.C.Profile
Rear panel = 1 X PS/2 keyboard port, 1 x ps/2 mouseport, 1 X Parallel port, 1 X VGA port, 1 X COM, 1 X LAN (RJ-45) port, 8-channel audio I/O port
BIOS features = 8 Mb Flash ROM, AMI BIOS, PnP, DMI2.0, WfM2.0, ACPI V2.0a, SM BIOS Pada dasarnya semua feature diatas sudah lumayan bagus untuk melakukan aplikasi – aplikasi yang terdapat pada PC tersebut, Tapi ada sedikit kendala terdapat pada masalah grafis karena dengan VGA onboard yang terdapat pada motherboard diatas jika digunakan untuk game – game tingkat tinggi agak lemot, dan untuk aplikasi grafis macam Matlab versi 7 keatas , Photoshop dan Corel ya agak gimana gitu ada baiknya buat beli VGA yang lebih bagus.
Dari semua Feature Motherboard yang ada yang belum pernah / jarang tersentuh adalah ASSUS Feature karena jujur saya bingung cara pakainya, LAN karena dirumah hanya terdapat 1 PC jadi tidak bisa disambung ke PC lain

1.5 Jenis Jenis Motherboard
Postingan tentang motherboard. Jenis jenis motherboard (MOBO) ada banyak, baik itu motherboard Intel maupun AMD, tipe atau macam macam motherboard AMD beserta hardware pendukungnya yang sekarang beredar di pasaran.

a. Jenis Jenis Motherboard AMD Beserta Hardware
AMD Mainboard Chipset Ram VGA Lain-Lain
Asus M4N68T-M V2 NF630A ddr3/1333x2 PCIE VGL
Asus M4A78LT-M Plus AMD760G ddr3/1333x2 PCIE VGL,DVI
Asus M4A88T-M LE AMD880G ddr3/1333x2 PCIE VGL,DVI,HDMI,PS2x1
Asus M4A87TD/USB3 AMD870 ddr3/1600x4 PCIE GL,USB3.0x2
Asus M4A88T-V EVO/USB3 AMD880G ddr3/1333x4 PCIEx2 VGL,USB3.0x2,PS2x1
Asus M4N98TD EVO NF980A ddr3/1333x4 PCIEx2 GL,SLI
MSI MS7309 NF725GTM-P31 NF630A ddr2/800x2 PCIE AM2, VL
MSI MS7597 GF615M-P33 NF430 ddr3/1333x2 PCIE VGL
MSI MS7623 760GM-P33 AMD760G ddr3/1333x2 PCIE VGL
MSI MS7599 870-G45 AMD770 ddr3/1333x4 PCIEx2 GL
MSI MS7623 880GMA-E45 AMD880G ddr3/1333x4 PCIE VGL,USB3.0x2

b. Jenis Motherboard Intel berdasarkan Series
Kategori Hardware
Berikut ini jenis-jenis mainboard atau motherboard yang dikeluarkan intel berdasarkan series:
Extreme Series
DEKTOP BOARD INTEL EXTREME CHIPSET SOCKET FORM FACTOR
DX5850
DP45SG
D5400XS
DX48BT2 X58 Express Chipset
P45 Exprss Chipset
5400 Express Chipset
X48 Express Chipset LGA1366
LGA775
1.6 Gejala Kerusakan motherboard

Jika PC sering kali menunjukan adanya peng-alamatan yang rumit, atau menampilkan suatu pesan error, mengeluarkan bunyi beep yang terus menerus secara beraturan atau tidak beraturan, PC tersebut kemungkinan besar sedang dalam masalah,
Masalah atau kerusakan yang timbul biasanya dikategorikan dalam 2 jenis kerusakan yaitu : Masalah atau kerusakan Hardware dan Software pada artikel saya yang lain juga menjelaskan untuk mendeteksi kerusakan hardware dari suara beep untuk itu mari menuju TKP.
Jenis Kerusakan Dapat dikategorikan menjadi 2 kategori, yaitu :
1. Kerusakan Pada Hardware (Perangkat Keras)
2. Kerusakan Pada Software (Perangkat Lunak)

Kerusakan pada Hardware :
Masalah dengan komponen Hardware perlu penanganan yang serius karena sulit dilokalisir dan disingkirkan tanpa tools yang tepat, keahlian dan pengalaman yang menunjang. Penjelasan akan berkisar pada masalah yang sering terjadi disertai dengan cara mengatasinya.
Kerusakan Pada Mother Board
Gejala :
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.
Solusi :
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mother board tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS





BAB ll
1.1 Cara Mengetahui Kerusakan Pada Motherboard Dan Langkah-Langkahnya Perbaikanya

Motherboard atau Mainboard adalah board atau papan utama tempat komponen-komponen utama seperti microprocessor dan memory (RAM, ROM, BIOS) beserta chip kontroler lainnya. Pada motherboard juga terdapat SLOT Ekspansi yang merupakan tempat untuk memasang card-card tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan fasilitas dan kemampuan yang dibutuhkan. Untuk microprossor terpasang pada soket yang sesuai dengan bentuk dan ukuran microprocessor tersebut, seperti soket 370, 470, soket LGA 775, soket A 462 (AMD), soket slot I (Pentium 2 dan 3). Pada motherboard, microprocessor berkomunikasi dengan komponen yang lain melalui suatu bus atau jalur data. Bus ini telah berkembang dari bus 66, 100, 133, 200, 266, 333, 400, 500, 800 MHz. Perkembangan ini untuk mengimbangi kerja microprocessor yang semakin cepat. Slot ekspansipun mengalami perkembangan. Tabel diagram motherboard biasanya telah disertakan pada saat anda membeli CPU/ Mainboard. Motherboard yang kita miliki biasanya tidak berjalan mulus seperti yang diinginkan, terkadang motherboard yang kita gunakan mengalami kerusakan. CekLagi.com mencoba memberikan langkah jika ada kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi pada motherboard Anda, dan berikut cara mengatasinya.
1. Jika Motherboard Mati Total
• Periksa power supply
Sebelum itu pastikan kabel power di lepas dari power supply, lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard. Pasangkan kembali kabel power, sambungkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam, periksa apakah kipas di power supply berputar? Jika berputar berarti power supply bagus. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard.
• Periksa Jumper Clear CMOS, apakah di posisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru, posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear.
• Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On, apakah panasnya berlebih atau tidak, jika overheat berarti Chipset tersebut sudah rusak. Part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas
• Periksa apakah switch on berfungsi atau tidak
Bongkar Motherboard tersebut dengan hati-hati, coba anda bersihkan pakai tiner, kalau bisa gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. Setelah bersih sebaiknya cepat dikeringkan.
• Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power Atx di motherboard.
Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard. Hati-hati untuk bongkar pasang komponen pastikan kabel power jangan tersambung ke listrik.

2. Nyala Tapi Tidak Tampil
• Dengarkan apakah ada suara bip atau tidak. Jika ada, kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA.
• Periksa Processor, periksa pendingin processor, jika overheat berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik dan sebaiknya Anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak.
• Periksa memory, bisanya jika memory rusak, maka akan terdengar suara bip sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak.
• Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut.
• Jika PC Anda masih belum menyala juga, periksa monitor, jangan-jangan monitor yang rusak. Ada cara untuk memastikan yang rusak monitor atua CPU nya, test dengan menekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Jika lampu menyala berarti kerusakan ada pada CPU.
• Standarnya, jika memperbaiki komputer, bersihkan dari debu, seperti motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Namun, berhati-hatilah dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru.


3. Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri
• Periksa Power Supply, coba pakai power supply yang lain apakah masih me-restart sendiri atau hang. Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus, berarti power supply ada masalah. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik, karena power supply merupakan komponen yang sangat vital. Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah, saya sarankan ganti saja.
• Periksa apakah ada virusnya, program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. Saya biasa memakai Norton Anti virus. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru, anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya.
Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti “eror vxd at address…”, biasanya ada masalah di memory. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas.
• Coba anda install ulang Windows.
Kalau masih hang / me-restart sendiri coba anda periksa di motherboard, anda perhatikan perubahan fisik komponen terutama elko/kapasitor, yang bentuknya bulat hitam ada tulisan kapasitasnya antara 1000 uf/10Volt s/d 3300 uf/10 volt, biasanya terlihat, kalau yang rusak terlihat kembung / bengkak dan mengeluarkan cairan atau karat.
• CMOS Checksum Failure (Baterai Low)
Gejala kerusakan & Solusinya:
Muncul pesan CMOS failure (Kerusakan pada baterai CMOS, ganti baterai tersebut)
• Seting tanggal, time dan konfigurasi lain di BIOS berubah (Setelah baterai diganti, lakukan setting ulang pada BIOS).


BAB lll
3.1 Kesimpulan


Setelah penulis selesaikan makalah ini penulis merasa bertambah ilmu,wawasan pengalaman
Adapun kesimpulan yang dapat diantaranya :
1. Penulis dapat mengetahui kerusakan motherboard
2. Penulis mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari makalah ini maupun dari teori disekolah
3. Belajar bersikap bertanggung jawab dan melaksanakan tugas dengan baik
4. Dapat melakkan servis motherboard dengan baik dan benar pada berbagai jenis motherboard tipe lama maupun tipe baru dimasa datang
5. Dapat mengenal komponen-komponen motherboard dan cara kerjanya
6. Dapat mengenal tipe-tipe motherboard
7. Belajar mengenal gejala-gejala kerusakan pada motherboard


3.2 Saran
Demikian setelah penulis melaksanakan dan menyelesikan makalah ini,penulis menyarankan agar mendapat hasil yang maksimal,kita harus mengerjakan makalah ini dengan bersungguh-sungguh,kita juga parlu meningkatkan ilmu,baik praktik maupun teori dan keterampilan maupun kreatif dalam pelajaran.


DAFTAR PUSTAKA :

http://syafran.files.wordpress.com/2009/01/booting-cd-rom-3.jpg
http://i30.tinypic.com/1z4g8xg.jpg
http://www.petri.co.il/images/dxdiag.gif
http://ebsoft.web.id/wp-content/uploads/2009/06/sample-motherboard-03.jpg
http://emnufus.blogspot.com/2009/06/chipset.html
http://google.com 
Read More »

1 comments:

Used PC Exporter said... August 8, 2017 at 4:13 AM

Nice Blog Post !

Post a Comment

Copyright © *Gubug Kreasi^ 2014

Template By Sayyidan Chiam