Friday, October 26, 2012

MAKALAH TIK PROGRAM E-MAIL CLIENT


MAKALAH TIK
PROGRAM E-MAIL CLIENT

Nama Kelompok :
  1. Afni Umami Putri
  2. Halimatus Sa'diyah
  3. Ina Putri Wijayanti
  4. Novi Safitri
  5. Ummu Salamah
  6. Ummul Faizah

MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN)
BABAKAN-LEBAKSIU-TEGAL
TAHUN PELAJARAN 2011-2012

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, kita dapat menyelesaika tugas ini dengan baik. Dalam pembuatan tugas ini setidaknya terdapat hal-hal yang menambah kita untuk memperoleh informasi dan komunikasi yang semakin berkembang di Era Globalisasi.
Selanjutnya kami menyadari jika dalam pembuatan Makalah ini banyak berbagai pihak, yang memberi dukungan dan sambutan sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang pertama kepada :
  1. Bp. Solahudin selaku guru mapel TIK pembimbing
  2. dan teman-teman yang telah ikut membantu kami secara langsung ataupun tidak langsung.
Semoga pembuatan Makalah ini dapat membantu para siswa dalam mempelajari mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna,oleh karena itu dengan segala kerendahan hati ,kepada para pembaca kami mohon dapat menyampaikan saran dan kritik untuk perbaikan selanjutnya.


Terima kasih….














I. PENDAHULUAN

a. Latar Belakang

Pada awal kehidupan di dunia, komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis. Sinyal-sinyal kimiawi pada organisme awal digunakan untuk reproduksi. Seiring dengan evolusi kehidupan, maka sinyal-sinyal kimiawi primitif yang digunakan dalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit seperti tarian kawin pada ikan.
Pada binatang, selain untuk seks, komunikasi juga dilakukan untuk menunjukkan keunggulan, biasanya dengan sikap menyerang. Munurut sejarah evolusi sekitar 250 juta tahun yang lalu munculnya “otak reptil” menjadi penting karena otak memungkinkan reaksi-reaksi fisiologis terhadap kejadian di dunia luar yang kita kenal sebagai emosi. Pada manusia modern, otak reptil ini masih terdapat pada system limbik otak manusia, dan hanya dilapisi oleh otak lain “tingkat tinggi”. 
Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, lisan, “gesture” dan ”broadcasting”. Komunikasi dapat berupa intekaktif, transaktif, betujuan atau tak bertujuan.. Melalui komunikasi, sikap daan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.
Dewasa ini komunikasi menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia zaman sekarang. Bahkan dapat dikatakan, seluruh aspek kehidupan seperti bidang sosial, politik, dan ekonomi, telah bersentuhan dengan teknologi. Dalam bidang sosial, teknologi telah mempercepat terjadinya komunikasi dan mampu mempererat hubungan manusia dari berbagai belahan dunia. globalisasi adalah perkembangan dan evolusi telekomunikasi dan teknologi yang membantu pengiriman informasi yang cepat. Teknologi komunikasi seperti satelit telah menghadirkan televisi dan layanan telepon nirkabel ke desa-desa terpencil , , , dan Amerika Latin. Pertumbuhan pengunaan internet di seluruh dunia telah menjadikan orang-orang dan perusahaan-perusahan dapat dengan mudah berkomunikasi dan memiliki akses data dalam jumlah yang sangat besar.


b. Tujuan
  1. Memenuhi tugas Bpk. Solahudin
  2. Agar siswa lebih mengerti dan memahami tentang Email dan Email Client
  3. Dan lebih mendalami materi Pengetahuan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi


II. ISI

a. Sejarah E-mail
E-mail sejauh ini merupakan aplikasi paling populer di internet. Hampir semua orang, khususnya pengguna internet, menggunakan fasilitas tersebut.
Dimulai pada tahun 1968, di sebuah perusahaan yang bernama Bolt Beranek and Newman (BBN). Perusahaan tersebut di sewa oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, untuk membuat sesuatu yang disebut sebagai ARPANET, yang sekarang ini dikenal sebagai internet. ARPANET sendiri adalah kependekan dari Advanced Research Projects Agency Network. Tujuan dari perusahaan ini adalah untuk membuat sebuah metode komunikasi yang diterapkan di dunia militer dan institusi pendidikan, agar masing-masing dari mereka bisa saling berkomunikasi.
Pada tahun 1971, seorang pakar teknik bernama Ray Tomlinson yang menandatangani proyek yang disebut SNDMSG. Proyek tersebuat bukanlah sebuah program baru, karena kenyataannya sudah ada selama bertahun-tahun, bahkan saat itupun sudah dianggap primitif. Maksud dan tujuannya adalah agar antar pengguna mesin yang sama, memungkinkan untuk bisa saling berkirim pesan. Mereka bisa membuat file teks yang kemudian dikirim ke kotak surat (mailbox) pada mesin yang sama.
Sebuah mailbox surat hanya berisi file teks. Pada filetersebut dapat ditambahkan data, tetapi tidak menghapus atau mengubahnya. Nama mailbox-nya tak lain adalah nama dari file teks itu sendiri.
Ray menyanggupi untuk membuat aplikasi sederhana ini lebih banyak lagi. Saat selesai, ia tengah mengerjakan sesuatu yang diberi nama CYPNET, yaitu bertujuan untuk mentransfer file antar komputer dalam ARPANET. Ide tersebut terpikir bahwa CYPNET bisa menambah materi ke file mailbox sebagai SNDMSG. Maka, Ray pun memodifikasi CYPNET agar memiliki kemampuan tersebut.
Setelah itu, Ray membuat keputusan yang seolah mengubah sejarah, dengan menciptakan format untuk alamat e-mail. Dia menetapkan tanda @ (baca : et) dan nama node mesin, sebagaimana nama pada mailbox. Dia gunakan tanda tersebut karena ada semacam sentuhan tersendiri, dan untuk menunjukkan kepada penggunanya berada di rumah yang sangat luas, lebih dari sekedar lokal.
Ray lalu mencoba mengirim pesan ke dirinya sendiri. Dan e-mail pertama telah berhasil antara dua node PDP-10 dari jaringan ARPANET, tanpa adanya upacara peluncuran. Sejarah telah dibuatnya.

b. Pengertian Email Client

Email client, email reader, atau lebih formal  Mail User Agent (MUA), adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Istilah ini dapat mengacu pada sistem yang mampu mengakses kotak surat email pengguna, terlepas dari itu menjadi mail user agent, server menyampaikan, sebuah aplikasi web yang menyediakan manajemen pesan, komposisi, dan fungsi penerimaan ini kadang-kadang juga dianggap sebagai email client, tetapi lebih sering disebut sebagai webmail.
POP client (atau email client) adalah software pengelola e-mail yang bertugas untuk memindahkan pesan-pesan email dari mail server Anda ke harddisk di komputer Anda. Karena tugasnya adalah memindahkan, maka inbox di mail server Anda akan kosong setelah pesan-pesan tersebut masuk ke komputer Anda.
Email (Electronic Mail) merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui internet ke 1 org atau lebih. Pada dasarnya  email sama dengan surat biasa  (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah  email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan  internet yang disebut dengan  mail server. Ketika  email tersebut sampai ke  server yang menjadi tujuan (seperti yang  ditunjuk pada alamat email – kepada siapa kita menulis email), maka  email tersebut disimpan pada sebuah  emailbox. Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan  email itu kalau yang bersangkutan mengecek emailbox-nya.
Pengertian Email client adalah software yang digunakan untuk organisasi email, baik untuk akun email berbayar maupun yang gratis. Syaratnya, harus ada akun POP3-nya. Email Client biasa disebut juga sebagai Oulook Express.
Email client ini sangat sering digunakan sebab ia sudah tersedia langsung dalam Windows. Konfigurasi dan penggunaannya pun cukup mudah, cukup lewat control panel atau Internet Explorer. Bisa dibilang Outlook Express ini adalah format standar e-mail client. File extension-nya adalah EML. Dilengkapi dengan menu export dan import membuatnya mudah untuk dipindahkan ke email client lainnya.
Namun, jika digunakan untuk urusan bisnis, Outlook Express ini dirasa kurang sekali. Ia tidak terintegrasi dengan software-software lain seperti messenger contohnya Skype, pdf reader and creator seperti Nitro PDF maupun antivirus seperti AVG Error handlingnya-pun kadang msih suka naik turun, utamanya jika berurusan dengan delivery status message. Jika berpindah sistem operasi seperti Linux, harus di-convert dulu.
Kadang kala, istilah Email client juga digunakan untuk mengacu pada agen yang bekerja sebagai client terhadap sebuah e-mail server, dapat berupa MUA, kadang kala berupa server untuk relay e-mail, atau manusia yang menulis langsung menggunakan terminal dan program telnet. Kadang kala, aplikasi Web yang mempunyai fungsi yang relevan dengan e-mail sering kali di anggap sebagai Email client juga.
Ada beberapa perangkat lunak untuk e-mail client yang dapat digunakan :
  • Thunderbird
  • Evolution
  • Outlook

c. Kendala yang sering dihadapi adalah repot dan koneksi

Masalah yang paling umum dihadapi oleh pengguna email adalah koneksi, koneksi internet putus berarti akan sulit menerima email. Celakanya tidak semua email server memiliki fitur untuk dapat menggunakan softwae mail client.

d. Email client sebagai sebuah solusi

Dengan menggunakan email client tanpa harus konek ke internet anda tetap bisa membuka email terdahulu, karena cara kerja email client ini adalah dengan menyimpan email dari server ke komputer lokal.
Jika anda adalah pengguna jasa jakarta webhosting, anda tidak perlu khawatir karena server kami sudah support dengan software email client sehingga tanpa harus terkoneksi dengan internet anda tetap bisa membuka email-email terdahulu. Fitur ini ada pada kedua jenis layanan kami, baik pada windows hosting maupun linux hosting.

e. Aplikasi Email Client

Kalau anda mencari software email client yang berfungsi untuk menerima serta mengirim email berbasis pop3 dan SMTP dengan kapasitas filenya berukuran mini anda bisa menggunakan email client bernama Avanti!. Yang pasti juga softwareemail client Avanti! ini lisensinya freeware alias gratis. Kapasitas file keseluruhannya dari Avanti! ini dibawah 1Mb dan Avanti! ini memiliki sifat portable yang artinya tanpa perlu di install ke harddisk anda maka anda bisa menjalankannya.
Jenis protokol mail yang dapat didukung oleh email client bernama Avanti! ini ialah POP3 dan SMTP. POP3 untuk mengambil email sedangkan SMTP untuk mengirim pesan email.
Avanti! juga dapat mendukung fasilitas multiple account yang artinya apabila anda memiliki banyak account email yang mendukung pop3, semua alamat email pop3 yang anda miliki dapat ditarik emailnya secara bersamaan. Tentunya juga Avanti! memiliki  fasilitas membaca email dalam format HTML ataupun plain text.
Fasilitas lainnya dari email client Avanti! ini terdapat fasilitas yang memungkinkan anda untuk dapat membaca header email saja apabila ada pesan email yang masuk ke server pop3. Dengan hanya membaca header email yang masuk anda bisa memilah milih pesan email yang akan anda download atau juga anda hapus langsung di server pop3nya
Kalau alamat email yang anda miliki harus menggunakan akses melalui OpenSSL, Avanti! juga dapat mensupportnya. Anda juga dapat mengatur kapan waktu untuk melakukan pengecekan email yang masuk ke dalam mailbox email anda. Untuk mengirim pesan email anda juga dapat membuat template sendiri, tampilan yang seperti apa yang akan anda inginkan.
Ada banyak program email client yang tersedia saat ini, seperti Microsoft Outlook dan Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan masih banyak lagi. Agar email Anda di server bisa diambil dengan sukses oleh program e-mail client, Anda harus mengatur setting untuk POP3 dan SMTP account pada program email client.

Untuk POP3 account biasanya bersifat fixed, tidak bisa diubah-ubah. Jika Anda menggunakan account e-mail CBN misalnya, maka POP3 accountnya adalah pop.cbn.net.id. Sedangkan SMTP account biasanya lebih fleksibel, karena tergantung dari ISP yang Anda gunakan. Misalnya Anda menggunakan account email gratisan dari hotpop.com. Anda bisa menggunakan SMTP account-nya hotpop.com (smtp.hotpop.com), atau SMTP dari ISP Anda (untuk CBN, SMTP account-nya adalah smtp.cbn.net.id).
Secara umum, penggunaan e-mail client akan meminimalisir ketergantungan Anda terhadap akses internet. Kenapa? Karena koneksi internet hanya Anda butuhkan ketika melakukan dua hal:
  • mengambil email dari mail server Anda
  • ketika Anda hendak mengirim e-mail.
Anda sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet ketika membaca atau mengetik pesan e-mail. Lalu mana yang lebih baik digunakan ?
Tidak mudah menyebut mana yang yang lebih baik, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Keunggulan utama webmail adalah kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia. Dari kantor, warnet, rumah, luar negeri, rumah tetangga, atau dari tempat lain, terserah Anda. Yang penting, komputer yang Anda pakai memiliki akses internet. Kemudahan seperti ini disebabkan e-mail yang Anda kelola berada di mail servertertentu, bukan di komputer pribadi Anda.

d. Keunggulan dan kelemahan Email Client


Sedangkan email client memiliki memiliki keunggulan dan kelemahan yang sebaliknya. Keunggulannya yakni dapat menghemat koneksi internet. Anda cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive. Setelah itu, Anda bisa membaca dan menulis email secaraoffline. Keunggulan lainnya, proses pembacaan pesan sangatlah gampang. Anda tinggal mengklik subject sebuah pesan, lalu dalam sekejap Anda akan bisa membacanya. Bahkan hampir semua program e-mail client memiliki fasilitas Auto Preview, yang membuat proses pembacaan e-mail menjadi lebih mudah. Anda juga tak perlu khawatir soal kuota, karena pesan-pesan e-mail Anda telah berpindah dari mail server ke komputer pribadi Anda.
Sedangkan kelemahan utama e-mail client adalah keterbatasannya dalam mengakses pesan e-mail Anda. Anda hanya bisa mengakses e-mail Anda dari komputer pribadi Anda, tidak bisa dari komputer tetangga, warnet, apalagi dari luar negeri. Selain itu, apabila Anda kurang hati-hati, pesan-pesan rahasia di inbox Anda bisa dibaca oleh orang lain dengan gampang. Memang, ada fasilitas Identity seperti di Outlook Express yang sanggup melindungi Anda dari kemungkinan terbacanya e-mail Anda oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Namun tidak semua e-mail client memiliki fasilitas Identity. Kalaupun ada, tidak semua orang menggunakannya, mungkin karena tidak tahu, atau merasa tidak perlu.


III. PENUTUP
Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia sehingga mampu meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia.

IV. DAFTAR PUSTAKA
Jasmadi. 2004. Menggunakan Fasilitas Internet. Andi Offset. Yogyakarta

Read More »

0 comments:

Post a Comment

Copyright © *Gubug Kreasi^ 2014

Template By Sayyidan Chiam