Thursday, November 22, 2012

SEJARAH PKS MAN BABAKAN




SEJARAH KHUSUS PATROLI KEAMANAN SEKOLAH PKS
PKS adalah singkatan dari patroli keamannan sekolah yaitu sebuah organisasi di sekolah – sekolah.
PKS mempunyai moto,janji, dan tujuan
PKS dalam berdirinya mengalami perubahan dari angkatan keangkatan. dulu PKS bernama BKLL ( badan koordinasi lalu lintas ) yangdi bentuk pada tanggal 16 februari 1960. lalu di ubah menjadi polisikeamanan sekolah pada tanggal 5 mei 1975.
Pada saat itu ruang lingkup tugas yang di emban polisi keamannsekolah masih sempit,yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah daritindakan- tindakan yang di lakukan oleh siswa di sekolah tersebut.
Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas polisi keamanansekolah, maka pada tanggal 5 juli 1975 polisi keamanan sekolah di gantinamanya dengan patroli keamanan sekolah dengan persetujuan dari BAPAKLETKOL ANTON SUDJARWO.
Ruang lingkup dari patroli keamanan sekolah mengalami penyempitan dan perluasan.
Tugas di persempit di bidang keamanan, dimana tugas yang di embanpatroli keamanan sekolah hanya sebagai pengawas atau pembantu daritindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya di laporkankepada pihak guru. Sedangkan perluadan yaitu pada bidangkelalulintasan, dimana seluruh anggota patroli keamanan sekolah wajibmengetahui peraturan kelalulintasan.
PKS di SMP N 1 TUKDANA berdiri pada tanggal 22 juli 1985 yangmenjadi pembina pertama kali yaitu Bp.IMAM SAFE’I S.Pd dan ALM Bp.AGUS.

SEJARAH UMUM PATROLI KEAMANAN SEKOLAH PKS
Patroli Keamanan Sekolah atau dapat disingkat PKS adalah salah satujenis kegiatan ekstrakurikuler yang umum ditemui di sekolah-sekolah diIndonesia.
Pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuklah suatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah.
Pada saat itu ruang lingkup tugas yang diemban Polisi KeamananSekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah daritindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut.
Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi keamanan sekolah,maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanyadengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol.Anton Sudjarwo. Ruang lingkup dari Patroli kemanan Sekolah mengalamipenyempitan dan perluasan.
Tugas dipersempit dibidang keamanan, dimana tugas yang diembanPatroli Keamanan Sekolah hanyalah sebagai pengawas atau pemantau daritindakan-tindakan negative yang terjadi di sekolah untuk selanjutnyadilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidangkelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajibmengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, para siswa dilatih menjadisemacam “polisi sekolah”. Tidak hanya itu saja banyak sekalipengetahuan yang didapat oleh seorang anggota PKS. Mereka diberipelajaran mengenai Lalu lintas, senam lantas dan Kenakalan Remaja,supaya mereka tahu bagaimana cara berlalu lintas yg baik, mereka jugadi ajarkan Latihan Baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutamaGerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang biasanya di terapkan dilingkungan sekolah masing-masing. Selain itu semua tugas PKS jugamenjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah.
1.        SEJARAH PKS
Patroli Keamanan Sekolah (PKS) adalah salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang umum ditemui di sekolah-sekolah di Indonesia.
Pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuklah suatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah.
Pada saat itu ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut.
Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi keamanan sekolah, maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanya dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol. Anton Sudjarwo. Ruang lingkup dari Patroli kemanan Sekolah mengalami penyempitan dan perluasan.
Tugas dipersempit dibidang keamanan, dimana tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanyalah sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negative yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.
Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, para siswa dilatih menjadi semacam "polisi sekolah". Tidak hanya itu saja banyak sekali pengetahuan yang didapat oleh seorang anggota PKS. Mereka diberi pelajaran mengenai Narkoba dan Kenakalan Remaja, supaya mereka tahu betapa membahayakannya Narkoba itu. Latihan Baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutama Gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang biasanya di terapkan di lingkungan sekolah masing-masing. Selain itu semua tugas PKS juga menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah.

2.        PENGERTIAN PKS
PKS (Patroli Keamanan Sekolah) adalah sekelompok pelajar/siswa yang telah ditunjuk untuk bertanggungjawab terhadap pengawasan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di lingkungan sekolah dan sekitarnya.
3.        TUGAS PKS
a.       Mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan sekitarnya
b.      Menyebrangkan siswa-siswa di jalur jalan pada saat mereka akan masuk sekolah

4.        TUJUAN PEMBENTUKAN PKS
Suatu upaya mendidik dan menumbuhkan kesadaran pada peraturan lalu lintas, sehingga dikemudian hari menjadi generasi yang memiliki pengetahuan dan disiplin serta mempunyai kepedulian terhadap keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Untuk mewujudkan kepedulian pelajar terhadap lalu lintas perlu dibina dalam suatu kelompok siswa/pelajar yang terorganisir secara dalam suatu wadah yang disebut “Patroli Keamanan Sekolah” yang disingkat PKS.


Read More »

0 comments:

Post a Comment

Copyright © *Gubug Kreasi^ 2014

Template By Sayyidan Chiam